.............

Minggu, 18 Agustus 2013

Persiapan Berternak Ayam Kampung

Berternak merupakan suatu kegiatan memelihara hewan ternak untuk dibudidayakan sehingga mendapatkan keunungan dari kegiatan tersebut. untuk itu berternak diperlukan suatu persiapan yang tepat agar mendapatkan hasil yang baik.

Dalam berternak ayam kampung diperlukan beberapa persiapan, diantaranya adalah penetapan tujuan ternak, lokasi untuk berternak, dan sistem pemeliharannya.  

untuk penetapan tujuan ternak, suatu usaha agribisnis seperti peternakan harus mempunyai tujuan. penetapan tujuan berternak seperti, berternak  untuk menghasilkan daging atau beternak untuk menghasilkan telur. penentuan ini  berguna karena akan menentukan cara memelihara dan menejemen, termasuk dalam pemilihan indukan.

untuk penentuan lokasi, besar atau kecilnya usaha peternakan ayam kampung tetap membutuhkan suatu lokasi agar benar benar membawa manfaat buat peternak. bila memelihara satu atau dua ekor memang tidak menjadi masalah, tetapi bila sudah puluhan atau ratusan ekor tentu harus dipikirkan suatu lokasi yang tepat seperti tersedianya air yang cukup, akses kandang dari jalan umum.

untuk sistem pemeliharaan, ayam kampung perlu diketahui cara-cara pemeliharaan yang baik dan benar. dengan pemeliharan yang tepat, ayam akan tumbuh dengaan optimal sesuai harapan. adapun beberapa cara untuk memelihara ayam yaitu dengan cara ekstensif atau ayam dilepas tanpa campur tangan manusia, dengan cara semi intensif atau ada campur tangan manusia tapi ayam masih tetap dilepas dan dengan cara intensif.

Tidak ada komentar: